04 November 2010

Amplifier 40 Watt

Berikut ini adalah rangkaian amplifier yang menggunakan satu IC saja, tetapi dapat memberikan daya hingga 40 watt.
Daya sebesar ini cukup kiranya untuk menguatkan bunyi yang bersumber dari pemutar CD audio, dari ponsel atau iPod.
Chip yang digunakan di sini adalah TDA 1514 yang diperkenalkan pertama kali oleh Phillips / Valvo. Karakteristik terbaik dari chip ini adalah daya keluaran yang cukup tinggi tinggi dan ketahanan. IC ini tersedia dalam paket plastik SIL 9-pin dengan dasar logam untuk di pasangkan dengan heat sink.
Dapat dilihat pada diagram bahwa hanya segelintir elemen pasif diperlukan untuk membangun chip TDA 1514 ini menjadi audio amplifier yang mumpuni J. Catu daya harus mampu memberikan arus minimal 3 ampere. Konsumsi saat ini siaga adalah sekitar 60 mA. Tegangan catu daya tidak boleh melampaui 27,5 volt!.

Dalam membangun sirkuit ini yang harus diperhatikan adalah menjaga kabel ke catu daya dan output sependek mungkin.Tahanan R4 dan R5 mengatur penguatan tegangan pada umpan balik, dalam hal ini adalah pada kisaran antara 20 dan 46 dB.
Untuk penguat saluran tunggal (mono), sebuah transformator 80 VA (T1) harus memadai. Jika Anda membangun penguat dua kanal (atau stereo), maka catu daya 120 VA dianjurkan. Kapasitor Cx dan Cy harus setidaknya memiliki kapasitas 4.700uF namun jika dengan 10.000uF tentunya akan lebih baik. Jangan lupa sesuaikan tegangan kapasitor dengan tegangan keluaran dari trafo, akan lebih baik jika menggunakan tegangan sebesar 2 (dua) kali tegangan keluaran trafo.

Berikut adalah skema untuk penguat 40 watt tersebut:

Sebuah sekering 0,25 mA (F1) mutlak dipasang. Jika menggunakan transformator toroida, sekering harus dari jenis lambat atau dengan penundaan waktu. Pastikan untuk benar – benar membumikan  catu daya dan rangkaian pada logam casing sekitarnya. Komponen pada pembumian rangkaian (Dx, Dy, Rx, Cz) membentuk pemecah loop. Hal ini direkomendasikan karena dapat menghilangkan loop bumi yang dapat sangat mengganggu kualitas sinyal keluaran. Gunakan resistor dengan daya 5 watt untuk Rx atau gunakan resistor tipe wirewound yang performanya lebih baik. Kapasitor Cz harus memiliki rating tegangan 250 V AC.
JANGAN menggunakan kapasitor 250 V DC untuk Cz karena kapasitor ini akan jebol dan dapat saja MELEDAK jika ada kesalahan pemasangan yang menyebabkan arus listrik langsung mengalir ke bumi.
Berikut ini adalah rangakaian untuk catu dayanya:


Pembuatan catu daya ini sederhana saja, dengan memperhatikan diagram diatas akan dapat dengan mudah dibangun catu daya penguat ini. Anda membutuhkan sebuah trafo dengan tap tengah (CT) 18v-0-18v untuk mendapatkan tegangan 25V yang direkomendasikan untuk rangkaian penguat ini. Bekerjalah dengan hati – hati karena  konstruksi catu daya ini melibatkan listrik dari tegangan jala – jala (PLN).

Di bawah ini adalah gambar yang menunjukkan susunan komponen pada papan sirkuit (PCB), baik untuk pemasangan mono maupun konfigurasi dua kanal (stereo).

PCB Mono

Layout Mono



PCB Stereo

Layout Stereo

Demikianlah rangkaian penguat 40 watt dengan satu ic TDA 1514, selamat membangun :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar